Prodi Teknik Mesin

Dari Wiki Universitas Islam Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari

Website

Website Prodi Teknik Mesin


Sekilas Teknik Mesin


Kurikulum | Laboratorium Teknik Mesin | Kerja Praktek dan Tugas Akhir


Teknik Mesin (Mechanical Engineering) adalah cabang ilmu rekayasa yang mengaplikasikan prinsip fisika untuk analisis, desain, pengembangan, pembuatan, operasi serta pemeliharaan perangkat dan komponen mekanikal. Umumnya banyak orang menganggap bidang teknik mesin hanyalah terbatas dengan hal-hal berkaitan dengan mesin (machine/engine), sehingga tidak jarang teknik mesin sering dianalogikan dengan bidang otomotif. Sesungguhnya mesin dan otomotif tersebut hanyalah bagian kecil dari bidang teknik mesin yang merupakan cabang ilmu rekayasa yang paling luas cakupannya. Beberapa bidang yang termasuk dalam cakupan teknik mesin antara lain analisis struktur, kinematika, dinamika, termodinamika, teknik material, konversi energi, teknik termal dan fluida, metrologi, otomasi industri, mekatronika, robotika, serta manufaktur.

Profil Program Studi

Program Studi (Prodi) Teknik Mesin UII sejak awal didirikan pada tahun 1999 telah memilih konsentrasi di bidang teknologi manufaktur. Manufaktur adalah bidang ilmu rekayasa yang mempelajari proses pembuatan produk, mulai dari proses perancangan, proses produksi hingga proses kontrol kualitas. Dengan memilih teknologi manufaktur sebagai konsentrasinya Prodi Teknik mesin UII turut berperan dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi manufaktur untuk mewujudkan kuatnya industri manufaktur dalam negeri dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa Indonesia.

Kurikulum

Kurikulum Prodi Teknik Mesin disusun dan disesuaikan berdasarkan perkembangan teknologi yang terbaru. Setiap mahasiswa diwajibkan menempuh 144 SKS (Sistem Kredit Semester) yang dapat ditempuh dalam waktu 8 semester (4 tahun). Dengan kompetensi manufaktur yang ditetapkan selain dasar-dasar keilmuan teknik mesin, materi kurikulum diarahkan kepada pengembangan teknologi manufaktur, khususnya perancangan produk berbantuan komputer serta otomasi industri. Tidak lupa aspek agama Islam juga sangat diperhatikan dalam bentuk perkuliahan dan kegiatan di luar kuliah lainnya, serta pembentukan suasana dengan etos kerja islami di kampus sehingga diharapkan setiap lulusan mampu beramal ilmiah dan berilmu amaliah.

Prestasi dan Hasil Karya

Mahasiswa Teknik Mesin UII aktif mengikuti berbagai kegiatan lomba baik yang bersifat akademik maupun non-akademik. Beberapa prestasi dan penghargaan telah berhasil diraih antara lain pada kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa, Water Rocket Contest, Lomba PLC Nasional, Lomba Penemu/Pengembang Ilmu dan Teknologi, National Innovation Contest, Lomba Inovasi Teknologi Mahasiswa, Line Follower Robo Contest, Line Tracking robot Contest, Robotics and Technology Fair, serta Indonesia Berprestasi Award PT. Excelcomindo Pratama Tbk (XL). Adapun beberapa hasil karya mahasiswa Teknik Mesin UII antara lain kanopi sepeda motor, mesin frais tangan, partisi ruang komposit lidi, genting bulu ayam, mesin CNC milling berukuran mini, berbagai desain produk perhiasan dan benda seni, robot pemadam api, serta robot berjalan (2 kaki, 4 kaki, dan 6 kaki).

Pusat Pelatihan

Pusat pelatihan yang terdapat pada Jurusan Teknik Mesin UII adalah Manufacturing Training Center dan Mechatronics Training Center. Manufacturing Training Center Sebagai tempat pemanfaatan teknologi CAD/CAM (Computer Aided Design/Computer Aided Manufacturing) serta CNC (Computer Numerical Control) untuk proses desain dan manufaktur produk, terutama yang mendukung pengembangan keunggulan Jurusan Teknik Mesin UII yaitu produk perhiasan, kerajinan, dan seni. Materi pelatihan meliputi perancangan produk perhiasan, kerajinan, dan seni dengan bantuan teknologi CAD/CAM serta pengembangan mesin CNC memanfaatkan open source software. Mechatronics Training Center Sebagai tempat pelatihan mekatronika yang mendukung otomasi di industri. Materi pelatihan meliputi pneumatik (sistem kendali tenaga udara), elektropneumatik, PLC (Programmable Logic Controller), mikrokontroler, dan robotika.

Prospek Lulusan

Peranan Sarjana Teknik Mesin sangatlah dibutuhkan pada semua industri, seperti industri manufaktur, industri otomotif, industri proses, industri pengolahan pangan, industri konstruksi serta pertambangan. Selain itu seorang Sarjana Teknik Mesin juga dapat berkarier di instansi pendidikan maupun instansi pemerintah/swasta lainnya. Saat ini lulusan Teknik Mesin UII saat ini telah tersebar di berbagai perusahaan dan instansi antara lain PT. Indonesia Power, PT. Pertamina, PT. Trakindo Utama, PT. Murni Gold Jewellery, PT. Matahari Terbit, PT. Rekayasa Industri, PT. Pama Persada Nusantara, PT. Sari Husada, PT. Gunung Madu Plantation, PT. Delcam Indonesia, PT. Adhi karya, PT. Krakatau Engineering serta institusi pemerintahan. Beberapa lulusan Teknik Mesin UII telah dan sedang melanjutkan studi di program pascasarjana beberapa perguruan tinggi terkemuka. Selain itu ada pula lulusan yang berwirausaha.

Peralatan pribadi